Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Senin, 12 Juni 2017

Filled Under:

5 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan


Assalamu’alaikum Wr Wb ?
Sebagian besar orang menilai puasa hanya sebagai bagian dari kewajiban agama namun hanya sedikit yang tahu manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan. Puasa adalah hal yang baik, jika diimplementasikan dengan benar. Lewat puasa tubuh kita melakukan proses pembersihan racun dari dalam tubuh, mengurangi gula darah dan lemak. Lewat puasa juga pola makan diatur, karena dari kebiasaan makan yang sehat akan meningkatkan kekebalan tubuh. Inilah 5 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan

1. Puasa Membersihkan Racun (detoksifikasi) Makanan olahan yang dikonsumsi setiap hari mengandung banyak zat tambahan, dan zat ini bisa menjadi racun dalam tubuh apabila tidak sering dikeluarkan. Proses penyaringan melalui organ hati saja tidak cukup, harus ada upaya lain yang dilakukan agar tubuh benar-benar bersih dari racun yang biasanya menjadi penyebab utama timbulnya bibit-bibit penyakit yang lebih serius nantinya. Sebagian besar racun dalam tubuh tersimpan dalam lemak. Lemak dibakar pada saat puasa, terutama bila sudah lama. Adapun organ-organ yang terlibat dalam proses pelepasan racun (detoksifikasi) diantaranya adalah Hati, ginjal dan organ tubuh lainnya. Dalam beberapa kasus bahkan dapat menimbulkan Advanced Glycation End-products (AGEs). Advanced Glycation End-products (AGEs) adalah senyawa berbahaya yang terbentuk ketika tubuh memilki kelebihan protein dan gula  yang kemudian saling berikatan. AGEs dapat muncul dari beberapa hal seperti gaya hidup (life style) dan kebiasaan seseorang. Makanan yang dikonsumsi, jumlah tidur yang kurang, stres berlebihan, dan jarang berolahraga dapat menjadi penyebab dari pertumbuhan tingkat AGEs Anda. Bahkan merokok pun berkontribusi terhadap pembentukan AGEs.
2. Puasa Mengistirahatkan Sistem Pencernaan Manfaat puasa Ramadhan yang paling terasa bagi tubuh yaitu kerja organ pencernaan yang tidak terlalu berat di siang hari karena diistirahatkan. Fungsi fisiologis normal tetap berlanjut terutama produksi sekresi dalam proses pencernaan, namun berlangsung pada tingkat yang lebih rendah. Proses ini membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Dalam keadaan berpuasa saluran pencernaan akan beristirahat beserta enzim dan hormon yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 18 jam pada hari-hari normal. Berkat puasa organ vital ini dapat istirahat selama 14 jam. Jika kita berpuasa sesuai anjuran dan dilakukan secara benar, maka in sya Allah penyakit pencernaan tidak akan mudah datang.
3. Puasa Mengatasi Peradangan Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa membantu menurunkan efek peradangan dan alergi. Beberapa contoh penyakit radang diantaranya rheumatoid arthritis, arthritis dan penyakit kulit seperti psoriasis. Beberapa ahli juga menyatakan bahwa puasa dapat meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus besar seperti kolitis ulserativa.
4. Puasa Mengurangi Gula Darah Bila Anda menghabiskan waktu berjam-jam tanpa makan, gula darah akan turun. Tubuh akan merespon dengan menggunakan glukosa yang tersimpan dalam jaringan tubuh untuk menghasilkan energi saat Anda sedang berpuasa. Orang dengan diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum berpuasa untuk jangka waktu yang lama. Akan tetapi bagi mereka yang memiliki gula darah tinggi namun tidak menderita diabetes, maka akan mendapatkan keuntungan dari puasa ini. Simak juga: Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Paling Efektif

5. Puasa Membantu Mengatasi Kegemukan Bisa jadi ini adalah kabar gembira bagi Anda yang sedang ingin memulai proses diet untuk menurunkan berat badan atau kegemukan. Puasa adalah proses diet alami tanpa efek samping bagi orang-orang tanpa riwayat penyakit sebelumnya. Respon pertama tubuh terhadap puasa adalah pemecahan glukosa yang tersimpan. Saat penyimpanan glukosa habis, proses ketosis dimulai. Pada proses ini tubuh memecah lemak-lemak  yang ada di ginjal dan otot-otot untuk digunakan sebagai sumber energi. Dengan banyaknya lemak yang terbuang maka peluang untuk mendapatkan tubuh ideal yang selalu diidam-idamkan akan menjadi semakin terbuka. Memang tak semua lemak itu jahat, ada juga lemak baik. Sedangkan untuk lemak yang berperan dalam proses penggemukan adalah lemak trans, lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda maupun tunggal. Lemak apabila dibiarkan menumpuk secara konsisten, maka ini akan membuat tubuh tak memiliki kemampuan untuk berfungsi secara normal. Penimbunan lemak yang terjadi di dalam jaringan tubuh tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena akan mengakibatkan tubuh mengalami kegemukan alias obesitas yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit serius.
Sekian dari saya Wassalamu’alaikum Wr wb ?

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 INDAHNYA ISLAM.